Terjemah Nadhom Kitab Imrithi

Terjemah Nadhom 'Imrithi dalam Ilmu Nahwu
Nadzon imrity merupakan salah satu kitab classic yang menjelaskan tentang ilmu nahwu dalam bentuk nadzoman. nadzoman ini, sangatlah banyak dipelajari atau dikaji khususnya di lembaga pendidikan Pesantren di Nusantara. Syekh Syarifuddin Yahya al-Imrithi (w 890 H / 1485 M) merupakan nama pengarang nadzom ini dengan jumlah 254 bait. berikut ini isi Kitab Nadhom Imrithi lengkap beserta terjemahnya ialah sebagai berikut :

Terjemah Nadhom Imrithi dalam Ilmu Nahwu

Daftar Isi Kitab

Muqaddimah

مقدمة
اَلحَْمْدُللهِ الَّذِى قَدْ وَفَقَ ﴿١﴾ لِلْعِلْمِ خَيْرَ خَلْقِهِ وَللِتُّقَى
Segala puji bagi Alloh yang Maha ~ Penolong mahluq dengan ilmu dan taqwa

حَتَّى نَحَتْ قُلُوْبهُمْ لِنَحْوِهِ ﴿٢﴾ فَمِنْ عَظِيْمِ شَأْنِهِ لَمْ تَحْوِهِ
Hingga hatinya menuju kepadaNya ~ Tanpa dapat memuat kebesaran-Nya

فَاُشْرِبَتْ مَعْنَى ضَمِيْرِ الشَّانِ ﴿٣﴾ فَأُعْرِبَتْ فِى اْلحَانِ بِاْلاَلْحَانِ
Kalimat tauhid dimasukkan hatinya ~ Lalu hati bergembira sepenuhnya

ثُمَ الصَّلا َ ةُ مَعْ سَلاَمٍ لاَئِقِ ﴿٤﴾ عَلَى النَّبِيِّ اَفْصَحِ اْلخَلاَئِقِ
Sholawat salam tercurah pada Nabi ~ Yang berpredikat Afshohil kholaiqi

مُحَمَّدٍ وَالاَلِ وَاْلاَصْحَابِ ﴿٥﴾ مَنْ َاتْقَنُوا الْقُرْاَنَ بِاْلاِعْرَابِ
Muhammad, Keluarga dan sahabatnya ~ Mereka mengkaji al-Qur’an kitabya

وَبَعْدُ فَاعْلَمْ اَنهُ لمَّّا اقْتَصَرْ ﴿٦﴾ جُلُّ اْلوَرَى عَلىَ اْلكَلاَمِ مُخْتَصَر
Setelah itu kini perhatikanlah ! ~ Ringkasan ulama’ ahli kalamiyah

وَكَانَ مَطْلُوْباً اَشَدَّ الطَّـلَبِ ﴿٧﴾ مِنَ اْلوَرَىْ حِفْظُ الِّسَانِ اْلعَرَبِى
Walau sulit ringkasan ini terbukti ~ Menjaga lisan arab, ya..dari Ahli

كَىْ يَفْهَمُوْا مَعَانِيَ اْلقُرْاَنِ ﴿٨﴾ وَالسُّنَةِ الدَّقِيْقَةِ اْلمَعَانِى
Supaya dapat memahami artinya ~ Al-Qur’an dan sunnah dengan sebenarnya

وَالنَّحْوُ اَوْلَى اَوّلاً اَنْ يُعْلَمَا ﴿٩﴾ اِذِ اْلكَلاَمُ دُوْنَهُ لَنْ يُفْهَمَا
Ilmu nahwu lebih utama dikaji ~ Tanpanya, Qur’an – sunnah tak dipahami

وَكَانَ خَيْرُ كُــتْبِهِ الصَّغِيْرَةْ ﴿١٠﴾ كُرَّسَةً لَطِيْفَةً شَهِيْرَةْ
Kitab ini kecil namun yang terbaik ~ Goresan yang lembut, terkenal dan unik

فِى عُرْبِهَا وَعُجْمِهَا وَالرُّوْمِ ﴿١١﴾ اَلَّفَهَا الْحَبْرُ ابْنُ اَجُرُوْمِ
Ibnu A-Jurumi pengarang dasarnya ~ Terkenal di Arab dan Manca negara

وَانْتَفَعَتْ اَجِلَةٌ بِعْلِمِهَا ﴿١٢﴾ مَعْ مَاتَرَاهُ مِنْ لَطِيْفٍ حَجْمِهَا
Ulama’ besar mengambil manfaatnya ~ Rahasia ilmu ada di dalamnya

نَظَمْتُهَانَظْمًا بَدِيْعًا مُقْتَدِى ﴿١٣﴾ بِاْلاَصْلِ فِى تَقْرِيْبِهِ لِلْمُبْتَدِى
Bagi pemula, Rangkaian kitab ini ~ Tampak indah sesuai dengan yang asli

وَقَدْ حَذَفْتُ مِنْهُ مَا عَنْهُ غِنَى ﴿١٤﴾ وَزِدْتُهُ فَوَائِدًا بِهَا اْلغِنَى
Mengurangi kata kadang kulakukan ~ Serta menambah faidah kulakukan

مُتَمِّمًا لِغَالِبِ اْلاَبْوَابِ ﴿١٥﴾ فَجَاءَ مِثْلَ الشَّرْحِ لِلْكِتاَبِ
Karena menyempurnakan macamnya bab ~ Maka terbit seperti syarahnya kitab

سُئِلْتُ فِيْهِ مِنْ صَدِيْقٍ صَادِقِ ﴿١٦﴾ يَفْهَمُ قَوْلِى لاِقْتِقَادٍ وَاثِقِ
Mengarang kitab ini terdorong teman ~ Mereka paham karena keyakinan

اِذِ اْلفَتَى حَسْبَ اعْتِقَادِهِ رُفِع ﴿١٧﴾ وَكُلُّ مَنْ لَمْ يَعْتَقِدْ لَمْ يَنْتَفِعْ
Pemuda tergantung tekadnya yang kuat ~ Tanpa tekad jelas tak dapat manfaat

فَنَسْأَلُ الْمَنَّانَ اَنْ يُجِيـْرَنَا ﴿١٨﴾ مِنَ الرِّياَ مُضَاعِفًا اُجُوْرَناَ
Ya…..Mannan, ku hanya mohon kepada Mu ~ Jauh riya, lipatkanlah pahalaku

وَاَنْ يَكُوْنَ نَافِعًا بِعِلْمِهِ ﴿١٩﴾ مَنِ اعْتَنىَ بِحِفْـظِهِ وَفَهْمِهِ
Semoga mendapat manfaat ilmunya ~ Orang yang sungguh menghafal memahamnya.

Bab Kalam

باب الكلام
كَلاَمُهُمْ لَفْظٌ مُفِيْدٌ مُسْـنَدُ ﴿٢٠﴾ وَاْلكلِْمَةُ اللَّفْظُ اْلمُفِيْدُ اْلمُفْرَدُ
Kalam nahwu : lafadl mufid serta musnad ~ Kilmah adalah lafadl mufid yang mufrod

لاِسْمٍ وَفِعْلٍ ثُمَّ حَرْفٍ تَنْقَسِمْ ﴿٢١﴾ وَهَذِهِ ثلاَثُهَا هِىَ اْلكَلِمْ
Isim, fi’il serta huruf; bagiannya ~ Ketiganya terkenal kalim namanya

وَاْلقَوْلُ لَفْظٌ قَدْ اَفَادَ مُطْلَقَا ﴿٢٢﴾ كَقُمْ وَقَدْ وَاِنَّ زَيْدَا نِارْتَقَى
Qaul adalah lafadl mufid yang mutlaq ~ Seperti : اِنَّ زَيْدَا نِاْنطَلَقْ, قد, قم

فاَلاِْسْمُ بِالتَّنْوِيْنِ وَالْخَفْضِ عُرِفْ ﴿٢٣﴾ وَحَرْفِ خَفْضٍ وَبِلاَمٍ وَاَلِفْ
Tanda-tanda isim : Tanwin dan huruf jer ~ Kemudian Alif-lam dan mutlaqnya jer

وَاْلفِعْلُ مَعْرُوْفٌ بِقَدْ وَالسِّيْنِ ﴿٢٤﴾ وَتَاِءتَأْنِيْثٍ مَعَ التَّسْكِيْنِ
سين, قد dan تأ تأنيث mati tanda fi’il ~ Dalam menandai bersikaplah adil

وَتَا فَعَلْتَ مُطْلقًا كَجِئْتَ لِى ﴿٢٥﴾ وَالنُّوْنِ وَاْليَا فِى افْعَلَنَّ وَافْعَلِى
Fi’il dengan ta’ فعلت ditandai ~ Kemudian nun افْعَلَنْ, ya افْعَـلِى

وَاْلحَرْفُ لمَ ْيَصْلُحْ لَهُ عَلاَمَةْ ﴿٢٦﴾ اِلاَّ انْتِفَا قُبُوْلِهِ اْلعَلاَمَةْ
Huruf adalah kalimat tanpa tanda ~ Dalam kalimat isim dan fi’il juga

Bab I'rob

باب الاعراب

اِعْرَابُهُمْ تَغْيِيْرُآخِرِ اْلـكَلِمْ ﴿٢٧﴾ تَقْدِيْرًا اَوْلَفْظًا لِعَامِلٍ عُلِمْ
I’rob Ahli nahwu : Perubahan pada ~ Akhir kalimat sebab amil berbeda

اَقْسَامُهُ اَرْبَعَةٌ فَاْلتُعْتَبَرْ ﴿٢٨﴾ رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَكَذَا جَزْمٌ وَجَرْ
Dalam perkiraan ataupun lafadlnya ~ Rafa’, Nashob, jer dan Jazem bagiannya

وَاْلكُلُّ غَيْرَ اْلجَزْمِ فِى اْلاَسْمَا يَقَعْ ﴿٢٩﴾ وَكُلُّهَا فِى اْلفِعْلِ وَاْلخَفْضِ امْتَنَعْ
Selain jazem I’rob isim semua ~ Dan selain jer I’rob fi’il semua

وَسَائِرُ اْلاَ سْمَاءِ حَيْثُ لاَشِبَهْ ﴿٣٠﴾ قَرَّبَهَا مِنَ الْحُرُوْفِ مُعْرَبَةْ
Isim dapat dihukumi mu’rob bila ~ Dengan huruf dekatnya tidak serupa

وَغَيْرُ ذِى اْلاَسْمَاءِ مَبْنِيٌّ خَلاَ ﴿٣١﴾ مُضَارِعٍ مِنْ كُلِّ نُوْنٍ قَدْ خَلاَ
Fi’il (selain mudhore’) mabni hukumnya ~ Serta mudhore’ (يفعلن, يفعلن)

Bab Tanda I'rob Rofa'

باب علامات الرفع

لِلرَّفْعِ مِنْهَا ضَمَّةٌ وَاوٌ اَلِفْ ﴿٣٢﴾ كَذَاكَ نُوْنٌ ثَابِتٌ لاَمُنْحَذِفْ
Tanda-tanda I’rob rofa’ ada empat ~ Dhommah, wawu, alif, serta nun yang tetap

فَالضَّمُّ فِى اسْمٍ مُفْرَدٍ كَأَحْمَدُ ﴿٣٣﴾ وَجَمْعِ تَكْسَيْرٍ كَجَاءَ اْلاَعْبُدُ
Dhommah bertempat pada isim yang mufrod ~Dan jamak taksir seperti yang dimurod.

وَجَمْعِ تَأْنِيْثٍ كَمُسْلِمَاتِ ﴿٣٤﴾ وِكُلِّ فِعْلٍ مُعْرَبٍ كَيَأْتِى
Dan jamak ta’nis, contoh : مسلماتُ ~ Serta fi’il mudhore’ contoh : يَسْكُتُ

وَاْلوَاوُ فِى جَمْعِ الذُّكُوْرِ السَّالِمِِ ﴿٣٥﴾ كَالصَّالِحُوْنَ هُمْ اُولُو اْلمَكَارِمِ
Jama’ mudzakar salim, Wawu rofa’nya ~ Seperti جاءَ الصَّالِحُوْنَ contohnya

كَما اَتـَتْ فِى اْلخَمْسَةِ اْلاَسْمَاءِ ﴿٣٦﴾ وَهْىَ الَّتِى تَأْتِى عَلَى اْلوِلاَءِ
اَبٌ اَخٌ حَمٌ وَفُوْ وَذُو جَرَى ﴿٣٧﴾ كُلٌّ مُضَافًا مُفْرَدًا مُكَبَّرًا
Juga bertempat pada Asma’ul khomsah ~ ذو, فو, حم, اخ, اب Jangan salah
Semua berlaku hanya dengan dasar ~ Syarat; mudhof, mufrod dan juga mukabbar

وَفِى اْلمُثَنَّى نَحْوُ زَيْدَا نِِاْلاَلِفْ ﴿٣٨﴾ وَالنُّوْنُ فِى اْلمُضَارِعِ الَّذِى عُرِفْ
Isim tasniyah, Rofa’nya dengan alif ~ Tanda nun di fi’il mudhore’ yang ta’rif

بِيَفْعَلاَنِ تَفْعَلاَنِ اَنْتُمَا ﴿٣٩﴾ وَيَفْعَلُوْنَ تَفْعَلُوْنَ مَعْهُمَا
Ya’ni lafadl يفعلان, تفعلان ~ Serta lafadl يفعلون تفعلون

وَتَفْعَلِيْنَ تَرْحَمِيْن حَالِى ﴿٤٠﴾ وَاشْتَهَرَتَ بِالْخَمْسَةِ اْلاَفْعَالِ
Dan lafadl تَفْعَلِيْنَ yang sangat mudah ~ Terkenal dengan nama Af’alul khomsah.

Bab Tanda I'rob Nashob

باب علامات النصب
للنَّصْبِ خَمْسٌ وَهْيَ فَتْحَةٌ اَلِفْ ﴿٤١﴾ كَسْرٌ وَياَءٌ ثُمَّ نُوْنٌ تَـنْحَذِفْ
Tanda I’rob nashob lima tanpa kurang ~ Fathah, alif, kasroh, ya’, nun yang terbuang

فَانْصِبْ بِفَتْحٍ مَا بِضَمٍّ قَدْ رُفِعْ ﴿٤٢﴾ ِالاَّ كَهِنْدَاتِ فَفَتْحُهُ مُنِعْ
Yang rofa’nya dhommah, Nashob dengan fathah ~ Kecuali هندات dicegah fathah

وَاجْعَلْ لِنَصْبِ الْخَمْسَةِ اْلاَسْماََ اَلِفْ ﴿٤٣﴾ وَانْصِبْ بِكَسْرٍ جَمْعَ تَأْنِيْثٍ عُرِفْ
Asma’ul khomsah dengan Alif nashobnya ~ Jama’ muannas salim, Kasroh nashobnya.

والنَصْبُ فِى الاِسْمِ الذِى قَدْ ثُنِيَا ﴿٤٤﴾ وَجَمْعِ تَذْكِيْرٍ مُصَحَحٍ بِيَا
Huruf ya’ tanda nashob isim tastniyah ~ Dan jamak mudzakar salim tanpa salah

وَاْلخَمْسَةُ اْلاَفْعَالِ حَيْثُ تَنْتَصِبْ ﴿٤٥﴾ فَحَذْفث النُّوْنِ الرَّفْعِ مُطْلَقًا يَجِبْ
Af’alul khomsah, Nashobnya ditandai ~ Dengan membuang nun rofa’ yang terjadi

Bab Tanda I'rob Jer

باب علامات الخفض
عَلاَمَةُ الْخَفْضِ الَّتِى بِهَا انْضَبَطْ ﴿٤٦﴾ كَسْرٌ وَ يَاءٌ ثُمَّ فَتْحَةٌ اَلِفْ
Tanda I’rob jer (Tiga) yang diterangkan ~ Yaitu kasroh, Ya, Fathah ditentukan

فاخفض بكسر ما من الاسما عرف ﴿٤٧﴾ فى رفعه بالضم حيث ينصرف
Semua isim yang rafa’nya didhommah ~ Selama munshorif maka jernya kasroh

وَاخْفِضْ بِيَاءٍ كُلَّ مَا بِهَانُصِبْ ﴿٤٨﴾ وَالْخَمْسَةُ اْلاَسمَا بِشَرْطِهَا تُصِبْ
Semua isim, Nashob ya’ : jernya juga ~ Serta asma’ul khomsah dengan syaratnya.

وَاخْفِء بِفَتْحٍ كُلَّ مَا لاَ يَنْصَرِفْ ﴿٤٩﴾ ِممَّا بِوَصْفِ الْفِعْلِ صَارَ يَتَّصِفْ
Isim Ghoiru munshorif difathah jernya ~ Ya’ni isim bersifat fi’il jelasnya

بِاَنْ يَحُوْزَ اْلاِسْمُ عِلَّتَيْنِ ﴿٥٠﴾ اَوْ عِلَّةً تُغْنِى عَنِ اثْنَتَيْنِ
Dengan adanya isim yang beralasan ~ Baik satu maupun dua alasan

فَأَلِفُ التَّاءْنِيْثِ اَغْنَتْ وَحْدَهَا ﴿٥١﴾ وَصِيْغَةُ اْلجَمْعِ اَّلذِى قَدِ اْنتَهَى
Satu alasan : alif ta’nist yang ada ~ Sighot muntahal jumu’ yang juga sama

وَاْلعِلَّتَانِ اْلوَصْفُ مَعْ عَدْلٍ عُرِفْ ﴿٥٢﴾ اَوْ وَزْنِ فِعْلٍ اَوْبِنُوْنٍ وَاَلِفْ
Dua alasan sifat bersama adil ~ Tambahan (alif-nun) atau wazan fi’il

وَهَذِهِ الثَّلاَثُ تَمْنَعُ اْلعَلَمْ ﴿٥٣﴾ وَزَادَ تَرْكِيْبًا وَاَسْمَاءَ اْلعَجَمْ
Tiga hal bersama sifat juga alam ~ Ditambah tarkib majzi dan asma’ ajam

كَذَاكَ تَأْنِيْثٌ بِما عَدَا اْلاَلِفْ ﴿٥٤﴾ فَاِنْ يُضَفْ اَوْ يَأْتِى بَعْدَ اَلْ صُرِفْ
Dan Juga ta’nist. Jika ba’da Al-Ta’rif ~ Dan jika dimudhofkan maka munshorif

Bab Tanda I'rob Jazm

باب علامات الجزم
وَالْجَزْمُ فِى اْلاَفْعَالِ بِالسُّكُوْنِ ﴿٥٥﴾ اَوْحَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْنُوْنِ
Tanda I’rob jazem dua, (satu : sukun) ~ (Dua : membuang huruf illat atau nun)

فَحَذْفُ نُوْنِ الرَّفْعِ قَطْعًا يَلْزَمُ ﴿٥٦﴾ فِى الْخَمْسَةِ اْلاَفْعَالِ حَيْثُ تُجْزَمُ
Membuang huruf nun rofa’ dengan pasti ~ Pada Af’alul khomsah, jazem terjadi.

وَبِالسُّكُوْنِ اجْزِمْ مُضَارِعًا سَلِمْ ﴿٥٧﴾ مِنْ كَوْنِهِ بِحَرْفِ عِلَّةٍ خُتِمْ
Mudhore’ shoheh. Sukun tanda jazemnya ~ Tanpa huruf illat pada akhirannya

اِمَّا بِوَاوٍ اَوْبِيَاءٍ اَوْ اَلِفْ ﴿٥٨﴾ وَجَزْمُ مُعْتَلٍ بِهَا اَنْ تَنْحَذِفْ
Membuang wawu, Alif, Ya’ jadi tanda ~ Jazemnya Mudhore’ yang mu’tal akhirnya

وَنَصْبُ ذِى وَاوٍ وَيَاءٍ يَظْهَرُ ﴿٥٩﴾ وَمَا سِوَاهُ فِى الثَّلاَثِ قَدَّرُ
Nashobya mu’tal wawu, Ya’ : dijelaskan ~ Selain saat nashob diperkirakan

فنَحْوُ يَغْزُو يَهْتَدِى يخشى خُتِمْ ﴿٦٠﴾ بِعِلَّةٍ وَغَـْـُيُرهُ مِنْهَا سَلِمْ
Contoh يخشى, يهتدى, يغزو akhirnya ~ Huruf illat. (Mudhore’ shoheh lainnya)

وَعِلَّةُ اْلاَسْمَاءِ يَاءٌ وَاَلِفْ ﴿٦١﴾ َفنَحْوُ قَاضٍ وَاْلفَتَى بِهَا عُرِفْ
Huruf illat ya’ dan alif bagi isim ~ Seperti قاضٍ dan فتىً contoh isim

اِعْرَابُ كُلٍّ مِنْهُمَا مُقَدَّرُ ﴿٦٢﴾ فِيْهَا وَلَكِنْ نَصْبُ قَاضٍ يَظْهَرُ
I’robnya قاض, فتى diperkirakan ~ Tetapi قاض nashobnya dijelaskan

وَقَدَّرُوْا ثَلاَثَةَ اْلاَ قْسَامِ ﴿٦٣﴾ فِى اْلمِيْمِ قَبْلَ اْليَاءِ مِنْ غُلاَمِى
Perkiraan tiga I’rob pun terjadi ~ Pada mim sebelum ya’ lafadl غلامى

وَاْلوَاوُ فِى كَمُسْلِمِيَّ اُضْمِرَتْ ﴿٦٤﴾ وَالنُّوْنُ فِى لَتُبْلَوُنَّ قُدِّرَتْ
Wawunya lafadl مُسْلِمِيَّ disimpan ~ Nunnya lafadl لَتُبْلَوُنَّ diperkirakan

Fasal

فصل
اَلْمُعْرَبَاتُ كُلُّهَا قَدْ تُعْرَبُ ﴿٦٥﴾ بِاْلحَرَكَاتِ اَوْحُرُوْفٍ تُقْرَبُ
Semua isim yang mu’rob ditandai ~ Dengan harokat atau huruf yang pasti

فَاْلاَوَّلُ اْلقِسْمَيْنِ مِنْهَا اَرْبَعُ ﴿٦٦﴾ وَهيَ الَّتِى مَرَّتْ بِضَمٍّ تُرْفَعُ
Empat bagi awalnya dua bagian ~ Ditandai dhommah saat dirofa’kan.

وَكُلُّ مَا بِضَمَّةٍ قَدِ ارْتَفَعْ ﴿٦٧﴾ فَنَصْبُهُ بِالْفَتْحِ مُطْلَقًا يَقَعْ
Setiap isi yang rafa’nya didhommah ~ Maka saat nashobnya harus difathah

وَخَفْضُ ْالاِسْمِ مِنْهُ بِالْكَسْرِ اْلتُزِمْ ﴿٦٨﴾ وَاْلفِعْلُ مِنْهُ بِالسُّكُوْنِ مُنْجَزِمْ
Isim tesebut dengan kasroh, dijerkan ~ Fi’il shoheh dengan sukun dijazemkan.

لَكِنْ كَهِنْدَاتِ ِلنَصْبِهِ انْكَسَرْ ﴿٦٩﴾ وَغَيْرُ مَصْرُوْفٍ بِفَتْحَةٍ يُجَرّْ
Namun contoh هِنْدَاتٌ nashobnya kasroh ~ Dan isim ghoiru munshorif jernya fathah.

َوكُلُّ فِعْلٍ كَانَ مُعْتَلاَّجُـزِمْ ﴿٧٠﴾ بِحَدْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ كَمَا عُلِمْ
Setiap fi’il mu’tal tentu jazemnya ~ Dengan membuang huruf illat tandanya

وَاْلُمعْرَباَتُ بِالْحُرُوُفِ اَرْبـَعُ ﴿٧١﴾ وَهِىَ ْالمُثَنَّى وَذُكُوْرٌ تُجْمَعُ
Mu’rob dengan huruf (empat bagiannya) ~ Tastniyah dan jama’ mudzakar rupanya

جَمْعًا صَحِيْحًا كَالْمِثَالِ اْلخَا ِلى ﴿٧٢﴾ وَخَمْسَةُ اْلاَسْـمَاءِوَاْلاَفْعَالِ
Dengan jama’ yang shoheh contohnya sudah ~ Lalu Asma’ul khomsah, Asma’ul khomsah

اَمَّااْلمُثَنَّى فَلِــرَ فْعِهِ ْالاَلِفْ ﴿٧٣﴾ وَنْصبُهُ وَجَرُّه ُبِاْليَا عُرِفْ
Isim tastniyah dengan alif rofa’nya ~ Dengan huruf ya’ saat nashob dan jernya

وَكَاْلمُثَنَّى اْلجَمْعُ فِى نَصْبٍ وَجَرْ ﴿٧٤﴾ وَرَفْعُهُ بِاْلوَاوِ مَرَّ وَاسْتَقَرْ
Jama’ seperti tasniyah, nashob – jernya ~ Dengan wawu, Jama’ ketika rafa’nya

وَاْلخَمْسَةُ اْلاَسْمَاكَهَذَاْلجَمْعِ فِى ﴿٧٥﴾ رَفْعٍ وَخَفْضٍ وَانْصِبَنَّ بِاْلاَلِفْ
Seperti jama’, tanda Asma’ul khomsah ~ Saat rofa – jer, namun alif nashobnya.

وَاْلخَمْسَةُ اْلاَفْعَالِ رَفْعُهَا عُـرِفْ ﴿٧٦﴾ بِنُوْنِهَا وَفِى سِوَاهُ تَنْحَذِفْ
Dengan nun, Af’alul khomsah saat rofa’ ~ Dengan membuang nun saat lain rofa’

Bab Nakiroh dan Ma'rifat

باب النكرة والمعرفة
وَاِنْ تُرِدْتَعْرِيْفَ اْلاِسْمِ النَّكِرَةْ ﴿٧٧﴾ فَهُوَ الَّذِى يَقْبَلُ أَلْ مُئَثِّرَةْ
Pengertian dari isim yang nakiroh ~ Isim yang menerima Al muassiroh

وَغَيْرُهُ مَعَارِفٌ وَتُخْصَرُ ﴿٧٨﴾ فِى سِتَّةٍ فَاْلاَوَّلُ اسْمٌ مُضْمَرُ
Selain nakiroh, makrifat namanya ~ Enam macam : Isim dhomir yang pertama

يُكْنَى بِهِ عَنْ ظَاهِرٍ فَيَنْتَمِى ﴿٧٩﴾ لِلْغَيْبِ وَالْحُضُوْرِ وَالتَّكَلُّمِ
Isim dhomir ganti dari isim dhohir ~ Tunjuk arti ghoib, mutakalim hadir

وَقَسّمُوْهُ ثَانِيًا لمُِتَّصِلْ ﴿٨٠﴾ مُسْتَتِرٍ اَوْبَارِزٍ اَوْ مُنْفَصِلْ
Isim dhomir, dua : pertama muttashil ~ Mustatir dan bariz, ke-dua Munfashil

ثَانِى اْلمَعَارِفِ الشَّهِيْرُ بِاْلعَلَمْ ﴿٨١﴾ كَجَعْفَرٍ وِمَِكَّةٍ وَكَالْحَرَمْ
Isim makrifat ke-dua isim ‘alam ~ Contohnya جعفر, مكة dan حرم

وَاُمِّ عَمْرٍ وَاَبِى سَعِيْدِ ﴿٨٢﴾ وَنَحْوِ كَهْفِ الظُّلْمِ َوالرَّشِيْدِ
Lalu ام عمر dan ابو سعيد ~ Juga lafadl كهفُ الظُّلْمِ الرشيدِ

فَمَا اَتَى مِنْهُ بِأُمٍّ اَوْبِأَبْ ﴿٨٣﴾ فَكُنْيَةٌ وَغَيْرُهُ اسْمٌ اَوْ لَقَبْ
Alam kuniyah اب, ام awalnya ~ Alam Asma’ atau Laqob selainnya

فَمَا بِمَدْحٍ اَوْ بِذَمٍّ مُشْعِرُ ﴿٨٤﴾ فَلَقَبٌ فَاْلاِسْمُ مَالاَ يُشْعِرُ
Alam Laqob tunjuk puja atau cela ~ Tanpa tunjukkan, alam Asma’ namanya

ثَالِثُهَا ِاَشارَةٌ كَذَا وَذِى ﴿٨٥﴾ رَاِبِعُهَا مَوْصُوْلُ اْلاِسْمِ كَالَّذِى
Ke-tiga Isim Isyaroh; Contohnya ذى ~ Ke-empat Isim maushul; contoh الذى

خَامِسُهَا مُعَرَّفٌ بِحَرْفِ أَلْ ﴿٨٦﴾ كَمَا تَقُوْلُ فِى مَحَلٍّ نِالْمَحَلْ
Ke-lima Isim yang makrifat dengan ال ~ Contoh dari مَحَلٌّ jadi َاَلْمَحَلْ

سَادِسُهَا مَا كَانَ مِنْ مُضَافِ ﴿٨٧﴾ لِـوَاحِدٍ مِنْ هَذِهِ اْلاَصْنَافِ
Ke-enam, ya’ni isim yang dimudhofkan ~ Pada isim makrifat yang yang disebutkan

كَقَوْلِكَ ابْنِى وَابْنُ زَيْدٍ وَابْنُ ذِى ﴿٨٨﴾ وَابْنُ الَّذِى ضَرَبْتُهُ وَابْنُ اْلبَذِى
Contoh ابن زيد, ابنى dan ابن ذى ~ ابنُ الذى ُقلْتُهُ dan ابن البذى

Bab Af'al (Macam-Macam Fi'il)

باب الافعال

اَفْعَالُهُمْ ثَلاَثَةٌ فِى اْلوَاقِــعِ ﴿٨٩﴾ مَاضٍى وَفِعْلُ اْلاَمْرِ وَالْمُضِارِعِ
Kalimat Fi’il dapat dibagi tiga ~ Fi’il madi, Amar, Mudhore’ rupanya

فَاْلمَاضِى مَفْتُوْحُ اْلاَخِيْرِ اِنْ قُطِعْ ﴿٩٠﴾ عَنْ مُضْمَرٍ مُحَرَّكٍ بِهِ رُفِعْ
Fi’il madhi akhirnya difathah bila ~ Sepi dari dhomir mutaharik rafa’

فَاِنْ اَتَى مَعْ ذَا الضَّمِيْرِ سُكِّنَا ﴿٩١﴾ وَضَمُّهُ مَعْ وَاوِ جَمْعٍ عُيِّنَا
Disukun bila bertemu dhomir rafa’ ~ Didhommah bila bertemu wawu jama’

وَاْلاَمْرُ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُوْنِ ﴿٩٢﴾ أَوْ حَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْنُوْنِ
Fi’il Amar mabni jazem ya’ni sukun ~ Dan membuang huruf illat ataupun Nun

وَافْتَتَحُوْا مُضَارِعًا بِوَاحِدِ ﴿٩٣﴾ مِنَ اْلحُرُوْفِ اْلاَرْبَعِ الزَّوَائِدِ
Huruf awalnya Mudhore’; Mudhoro’ah ~ Ya’ni huruf empat yang jadi zaidah

هَمْزٌ وَنُوْنٌ وَكَذَا يَاءٌ وَتَا ﴿٩٤﴾ يَجْمَعُهَا قَوْلِى اَ نَيْتُ يَا فَتَى
Yaitu : hamzah, nun, ya’ dan ta’ rupanya ~ Terkumpul dalam kata انيت saja

وَحَيْثُ كَانَتْ فِى رُبَاعِيٍّ تُضَمْ ﴿٩٥﴾ وَفَتْحُهَا فِيْمَا سِوَاهُ مُلْتَزَمْ
Mudhore’ madhi rubai; awal dhommah ~ Selainnya ruba’I maka difathah.

Bab I'rob Fi'il Mudhori'

باب اعراب فعل المضارع

رَفْعُ اْلمُضَارِعِ الَّذِى تَجَرَّدَا ﴿٩٦﴾ عَنْ نَاصبٍ وَجَازِمٍ تَأَبَّدَا
Fi’il mudore’ mabni rafa’ selama ~ Dengan (amil nashob, Jazem) tidak jumpa

فَانْصِبْ بِعَشْرٍ وَهِىَ اَنْ وَلَنْ وَكََىْ ﴿٩٧﴾ كَذَا اِذَنْ اِنْ صُدِّرَتْ وَلاَمُ كَىْ
Amil nashob sepuluh ya’ni : كَىْ, لَنْ, اَنْ ~ Kemudian اذَنْ dan juga لام كى

وَلاَمُ جُحْدٍ وَكَذَا حَتَّى وَاَوْ ﴿٩٨﴾ وَاْلوَاوُ وَاْلفَا فِى جَوَابٍ قَدْ عَنَوْا
Lalu واو, أو, حتى, لام جحد dan فاء ~ Yang dijadikan jawab oleh Ulama’

بِهِ جَوَابًا بَعْدَ نَفْيٍ اَوْ طَلَبْ ﴿٩٩﴾ كَلاَتَرُمْ عِلْمًا وَتَتْرُكَ التَّعَبْ
Ulama’ menjadikan wawu fa’ jawab ~ Harus setelah نفى ataupun طلب

وَجَزْمُهُ بِلَمْ وَلَمَّا قَدْ وَجَبْ ﴿١٠٠﴾ وَلاَ وَلاَمٍ دَلَّتَا عَلَى الطَّلَبْ
Jazemnya mudhore’ dengan لم dan لما ~ Serta dengan لام أمر, لا نهى juga

كَذَاكَ اِنْ وَمَا وَمَنْ وَاِذْمَا ﴿١٠١﴾ أَيٌّ مَتَى أَيَّانَ اَيْنَ مَهْمَا
Demikian juga مَنْ, مَا, ِانْ dan اِذَّمَا ~ ,اين, ايان, متى, ايٌّ dan مهما

وَحَيْثُمَا وَكَيْفَمَا وَانَّى ﴿١٠٢﴾ كَاِنْ يَقُمْ زَيْدٌ وَعَمْرٌ قُمْنَا
Kemudian انى, كيفما, حيثما ~ Seperti contoh ان يقُمْ زَيْدٌ قُمْنَا

Posting Komentar