Susunan Hijaiyah dan Cara Membaca serta Transliterasi

Daftar Susunan Huruf Hijaiyah dan Cara Membaca serta Transliterasi Indonesia
Daftar Susunan Huruf Hijaiyah dan Cara Membaca serta Transliterasi Indonesia

Daftar Huruf Hijaiyah – Huruf hijaiyah adalah hal yang penting untuk umat Islam. Karena huruf hijaiyah adalah dasar untuk membaca Al Quran. Biasanya pembelajaran huruf hijaiyah ini dimulai sewaktu kita kecil. Pada masa kanak-kanak akan diajarkan huruf-huruf hijaiyah melalui buku Iqra.

Huruf hijaiyah adalah syarat utama dalam pembacaan Al Quran. Sebab huruf ini merupakan dasar dari pembentukan kata dan kalimat yang ada di dalam Al Quran. Jika kalian sudah mengenal huruf-huruf hijaiyah pastinya kalian juga akan bisa dalam membaca Al Quran.

Di dalam Al Quran huruf hijaiyah ini tidak berdiri sendiri, melainkan saling menyambung antara satu dengan yang lain. Ada beberapa huruf hijaiyah yang bisa disambung dan tidak bisa disambung. Kalian harus bisa membedakan dan membaca huruf yang sudah disambung dan belum disambung. Huruf yang belum disambung dan sudah disambung ini memiliki beberapa perbedaan juga.

Untuk mengenal lebih jauh apa pengertian huruf hijaiyah, harakat huruf hijaiyah, bagaimana cara mengajarkan, dan apa peran dari huruf hijaiyah. Mari simak ulasan di bawah ini.

Buku ini mengenalkan pada anak tentang bentuk-bentuk huruf hijaiyah dengan menggunakan benda, binatang, dan tanaman. Anak-anak bisa sambil belajar untuk menulis huruf hijaiyah dan juga mewarnai lembarannya, karena setiap lembar aktivitas disediakan dalam warna hitam-putih. Anak-anak jadi bisa belajar mengenal huruf hijaiyah dengan cara yang lebih menyenangkan dan sesuai dengan imajinasinya.

Daftar Isi Artikel

Pengertian Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf sejenis alfabet. Huruf hijaiyah biasa digunakan untuk penulisan dalam Al Quran. Karena sebagai dasar penulisan Al Quran, artinya semua umat Islam harus mengenalnya.

Huruf hijaiyah adalah dasar dari pembentukan kata dan kalimat dalam bahasa Arab. Huruf hijaiyah diambil dari bahasa arab الهجائية yang memiliki arti ejaan atau mengeja. Tidak hanya digunakan dalam Al Quran, tetapi huruf hijaiyah ini juga digunakan dalam penulisan sehari-hari dari bahasa Arab.

Huruf hijaiyah ini memiliki aturan terminologi yang berbeda dari abjad lain. Huruf ini ditulis dari kanan ke kiri, berbeda dengan alfabet yang ditulis dari kiri ke kanan seperti yang kalian baca saat ini. Huruf hijaiyah memiliki jumlah 29 huruf, dan memiliki penulisan dan cara pembacaan yang berbeda tergantung pada harakat dan tajwid

Daftar Huruf Hijaiyah dan Cara Membacanya

Huruf hijaiyah memiliki jumlah sebanyak 29 huruf. Pada huruf tersebut masing-masing memiliki cara bacanya tersendiri. Berikut ini akan disajikan berupa tabel yang terisi 29 huruf hijaiyah beserta cara membacanya.

NoHuruf hijaiyahCara MembacaTransliterasi Latin
1.اAlifTidak ada lambang
2.بBa’B
3.تTa’T
4.ثTsa’TS
5.جJimJ
6.حHa’H
7.خKha’KH
8.دDalD
9.ذDzalDz
10.رRa’R
11.زZa’Z
12.سSinS
13.شSyinSY
14.صShadSH
15.ضDhadDH
16.طTha’TH
17.ظZha’ZH
18.ع‘AinHuruf vokal dengan tanda petik (‘a, ‘i, ‘u)
19.غGhainGH
20.فFa’F
21.قQafQ
22.كKafK
23.لLamL
24.مMimM
25.نNunN
26.وWawW
27.هHa’H
28.ءHamzahHuruf vokal yang ditambah dengan tanda petik (a’, i’, u’)
29.يYa’Y

Penjelasan dari tabel tersebut mengenai huruf-huruf hijaiyah dan pelafalan dalam latin belum sepenuhnya benar, karena pada huruf hijaiyah memiliki perbedaan dalam pelafalannya. Perbedaan tersebut berada pada pelafalan huruf yang dibaca. Dalam pelafalan huruf ini disebut dengan makhraj atau artikulasi. Makhraj ini bisa kamu pelajari dengan ustaz atau guru mengaji.

Mengapa Harus Belajar Huruf Hijaiyah?

Huruf hijaiyah sangat penting dipelajari bagi umat Islam, hal ini karena huruf ini merupakan huruf dasar untuk membaca Al-Qur’an. Sungguh memalukan apabila orang islam tidak bisa membaca Al-Qur’an. Untuk itu, mau tidak mau kita harus belajar huruf hijaiyah ini agar bisa membaca Al-Qur’an. Biasanya huruf hijaiyah ini diajarkan ketika kita masih kecil.

Untuk itu, apabila Anak Anda masih belum mengerti tentang huruf hijaiyah dan membaca Al-Qur’an lebih baik diajari segera. Mengingat, anak kecil biasanya lebih mudah untuk menerima sesuatu hal yang baru, untuk itu ini waktu yang tepat untuk mengajarkan huruf hijaiyah kepada anak. Terlebih lagi, membiasakan diri membaca Al-Qur’an sejak dini kepada anak adalah salah satu langkah mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan sholiha.

Sumber : https://www.gramedia.com/literasi/daftar-huruf-hijaiyah/

Posting Komentar