Tiga Kata Pembentuk Kalimat untuk Memahami Quran dan Hadits

Bab 2 : Tiga Kata Pembentuk Kalimat - Bahasa Arob Khusus untuk Memahami Al-Qur'an dan Hadits
Bab 2 : Tiga Kata Pembentuk Kalimat

Teks Al-Qur`an dan Hadits adalah kumpulan kalimat. Kalimat adalah kumpulan kata. Sementara kata yang membentuk kalimat dalam bahasa Arob hanya ada tiga, yaitu isim (kata-benda/kata-sifat), fi’il (kata kerja), dan huruf (selain keduanya). Tidak ada yang keempat. Definisi isim dengan kata-benda/kata-sifat hanyalah pendekatan. Artinya tidak setiap kata-benda/kata-sifat dalam bahasa Indonesia adalah isim, begitu pula kata-kerja untuk fi’il.

Daftar Isi Artikel

Lantas dengan apa menentukan suatu kata adalah isim atau fi’il atau huruf? Jawabannya: Dengan tanda. Perhatikan tabel berikut:
ISIMFI'ILHURUF
ARTIKata Benda / Kata Sifatkata KerjaSelain Kata Benda dan Sifat
TANDA(1) al (ال)
(2) tanwin
≥ 31-2
CONTOHالمَسْجِدُ
مَسْجِدٌ

Masjid
سَجَدَ
bersujud
فِي
di dalam

Isim tandanya: al (ال) atau tanwin (an - in - un). Contoh al adalah البيت “rumah itu”, dan contoh tanwin adalah بَيْتٌ “sebuah rumah”. Al dan tanwin tidak boleh bergabung dalam satu isim. Contoh isim yang salah adalah (البَيْتٌ).

Fi’il tandanya: jumlah minimalnya adalah 3 huruf (item/karakter). Contohnya adalah (اِجْتَمَعَ) “berkumpul” yang miliki 5 huruf.

Sementara huruf[1] adalah setiap kata yang bukan isim dan bukan fi’il, atau mudahnya: kata yang tidak ber-al dan tanwin serta berjumlah satu sampai dua karakter. Contoh satu karakter adalah (كَ) “seperti”, dan contoh dua karakter adalah (مِنْ) “dari.” Terkadang sebagian huruf berisi tiga karakter seperti (إِلَى) “ke” dan kadang empat karakter seperti (إِلَّا) “kecuali”, yaitu hamzah, lam dobel, dan alif. Ini pengecualian, karena jumlah asal huruf adalah satu atau dua. Apakah ada huruf yang mencapai lima karakter? Sepengetahuan penulis, tidak ada.

ISIMFI'ILHURUF
TANDAal / tanwin≥ 31-2
CONTOHالمَسْجِدُضَرَبَكَ
مَسْجِدٌجَاهَدَمِنْ
البَيْتُاِجْتَمَعَإِنَّ
بَيْتٌاِسْتَغْفَرَإِلَّا

Latihan Soal

Temukan isimfi’il, dan huruf yang Anda jumpai di surat Al-Fātihah di bawah ini!
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ ﴿١﴾ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ﴿٢﴾ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ ﴿٣﴾ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ ﴿٤﴾ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ﴿٥﴾ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٦﴾ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّينَ ﴿٧﴾

Jawab


ISIMFI'ILHURUF
اللّٰهِنَعْبُدُبِ
الرَّحْمٰنِنَسْتَعِينُلِ
الرَّحِيمِوَ
الْحَمْدُعَلَى
الْعَالَمِينَلَا
الدِّينِ
الصِّرَاطَ
الْمُسْتَقِيمَ
الَّذِينَ
الْمَغْضُوبِ
الضَّآلِّينَ

[1] Huruf di sini bukan huruf hijaiyah yang tidak memiliki arti, tetapi komponen pembentuk kalimat dan ia memiliki arti. Untuk membedakan keduanya, huruf jenis ini ditulis dengan miring.

Posting Komentar